image

PRODI BAHASA PRANCIS (PROGRAMME D’ETUDES DE FRANÇAIS)

Diusulkan oleh Dr. Sulandri Nuryadin, MPd, Lc(fr) Sabtu 28 November 2020

Dengan system perkuliahan fleksibelnya, mahasiswa dapat mengikuti kuliah  melalui modul (kursus). Setelah menyelesaikan 4 modul kemampuan tingkat dasar , mahasiswanya memperoleh Diplome D1. Dengan mengikuti 4 modul kemampuan  tingkat survival, prodi akan menyerahkan diplome D2. Program D3 diraih setelah menempuh 4 modul kemampuan tingkat intermediaire. Ijazah yang setara dengan  S 1 dicapai bila mahasiswa telah menyelesai 4 module tingkat mandiri dan ditambah dengan  mata kuliah penunjang intelektualitas yang dirancang oleh pakar-pakar JDU.

Pengajaran fleksibel Prodi Bahasa Perancis diselaraskan dengan system CECR (Cadre Européen Commun de Reference pour les langues). Sehingga dengan bekerja sama dengan Institusi Perancis, Prodi ini akan membekali mahasiswanya  untuk memperoleh dua jenis diplome: Diplome JDU dan diplome international DELF.

System perkuliahan  fleksibel  memberikan kemudahan kepada mahasiswa:

  • Mahasiswa bisa pospon setelah satu module (kursus), setelah Diplome D1 dan seterusnya, dan dapat meneruskan perkulihannya bila waktunya sudah tersedia kembali.
  • Calon mahasiswa baru dapat ditempatkan pada tingkat lebih tinggi bila mahasiswa itu telah mempunyai  diplome DELF diluar JDU (melalui penilaian  Komisi Penyetaraan)
  • Umur calon mahasiswa Prodi Bahasa Prancis tidak dibatasi.
  • Calon mahasiswa yang telah mempunyai kemampuan bahasa Perancis akan ditempatkan jenjang akademisnya setelah melalui Evaluasi Kemampuan yang diselenggarakan oleh Komisi Evaluasi Akademis.
  • Lulusan Prodi Bahasa Prancis akan menjadi anggota Asosiasi Francophone

KONSEP PERKULIAHAN BAHASA PRANCIS DI JDU :

Mengacu pada Cadre Européen Commun de reference pour les langues. Ini adalah sebuah rancangan dengan tujuan menyediakan dasar yang transparan, koheren dan selengkap mungkin untuk pengembangan program bahasa, pedoman untuk kurikulum, bahan pengajaran dan pembelajaran, serta untuk pengembangan program bahasa. penilaian keterampilan bahasa asing. Ada empat tingkat kompetensi bahasa yang akan dicapai:

Tingkat A1:

a) Comprendre (écouter) Memahami (Mendengarkan): Saya dapat memahami informasi dari kehidupan sehari-hari untuk situasi komunikasi yang sangat berulang (pengumuman publik, ramalan cuaca, pesan, informasi berulang) dan untuk memenuhi kebutuhan nyata kehidupan sosial.
b) Comprendre (lire) Memahami (Baca): Saya dapat, dalam teks singkat, menemukan dan memahami gambar, nama yang tepat, dan informasi lain yang dapat dipahami secara visual dalam situasi sehari-hari (harga, jadwal, papan nama, peta, instruksi). Berbicara (Mengambil bagian dalam percakapan): Saya dapat berkomunikasi dengan cara yang sangat sederhana, asalkan lawan bicara saya mengerti, berbicara dengan sangat lambat dan mengulangi jika saya tidak mengerti.
c) Parler Berbicara (Berbicara terus menerus secara lisan): Saya dapat meminta sesuatu atau layanan dari seseorang, memberikan atau memberikannya.
d) Ecrire Menulis: Saya dapat menulis pesan yang sangat sederhana berkaitan dengan aktivitas kehidupan sehari-hari. Saya dapat memberikan informasi tentang diri saya: nama, kebangsaan, alamat, umur, dalam kuesioner atau lembar informasi, saya dapat menyalin kata-kata atau pesan singkat, menulis nomor dan tanggal. Saya bisa mengenali berbagai bentuk ejaan.

A1 – Tingkat Pengantar atau Penemuan (A1 – Niveau Introductif ou Découverte)
Kata kunci: pertanyaan sederhana, lingkungan dekat dan akrab.

Memahami (Mendengarkan): Saya dapat memahami kata-kata yang akrab dan ungkapan yang sangat umum tentang diri saya, keluarga saya dan lingkungan nyata dan terdekat, jika orang berbicara dengan lambat dan jelas.
Memahami (Membaca): Saya dapat memahami nama, kata, dan kalimat yang sangat sederhana, misalnya dalam iklan, poster atau katalog.
Berbicara (Mengambil bagian dalam percakapan): Saya dapat berkomunikasi, dengan cara yang sederhana, asalkan lawan bicara mau mengulang atau menyusun ulang kalimatnya dengan lebih lambat dan membantu saya merumuskan apa yang ingin saya katakan. Saya dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan sederhana tentang topik yang sudah dikenal atau apa yang saya butuhkan dengan segera.
Berbicara (Berbicara menggambarkan): Saya dapat menggunakan frase dan kalimat sederhana untuk menggambarkan di mana saya tinggal dan orang yang saya kenal.
Menulis: Saya dapat menulis kartu pos yang pendek dan sederhana, misalnya hari libur. Saya dapat memasukkan detail pribadi dalam kuesioner, misalnya menulis nama, kewarganegaraan, dan alamat saya pada file hotel.

Tingkat A2

A2 – Tingkat intermediate (A2 – Niveau Intermédiaire ou de Survie)
Hidup Kata kunci: deskripsi, percakapan sederhana.

Memahami (Mendengarkan): Saya dapat memahami ekspresi dan kosa kata yang sangat umum terkait dengan hal-hal yang sangat dekat dengan saya (misalnya diri saya, keluarga saya, belanja, lingkungan sekitar, pekerjaan). Saya bisa mendapatkan inti dari pengumuman dan pesan yang sederhana dan jelas.
Memahami (Baca): Saya bisa membaca teks pendek yang sangat sederhana. Saya dapat menemukan informasi yang spesifik dan dapat diprediksi dalam dokumen sehari-hari seperti iklan kecil, selebaran, menu, dan jadwal, dan saya dapat memahami surat pribadi yang singkat dan sederhana.
Berbicara (Mengambil bagian dalam percakapan): Saya dapat berkomunikasi dalam tugas-tugas rutin yang sederhana yang membutuhkan pertukaran informasi yang sederhana dan langsung tentang topik dan aktivitas yang sudah dikenal. Saya dapat melakukan percakapan yang sangat singkat meskipun saya biasanya tidak cukup mengerti untuk melanjutkan percakapan. Berbicara (Berbicara terus menerus secara lisan): Saya dapat menggunakan serangkaian kalimat atau frasa untuk menggambarkan secara sederhana keluarga saya dan orang lain, kondisi kehidupan saya, pendidikan saya dan aktivitas profesional saya saat ini atau baru-baru ini.
Menulis: Saya bisa menulis catatan dan pesan singkat dan sederhana. Saya dapat menulis surat pribadi yang sangat sederhana, misalnya terima kasih.

TINGKAT B1

B1 – Tingkat ambang batas (Niveau Seuil)
Kata kunci: awal otonomi; bertahan, ungkapkan pendapat Anda.

Memahami (Mendengarkan): Saya dapat memahami dasar-dasarnya ketika bahasa sederhana dan standar digunakan dan ketika membahas topik-topik yang sudah dikenal terkait dengan pekerjaan, sekolah, waktu luang, dll. Saya dapat memahami inti dari banyak siaran radio atau televisi tentang peristiwa terkini atau tentang topik yang menjadi minat pribadi atau profesional bagi saya jika diucapkan dengan cara yang relatif lambat dan berbeda.
Memahami (Baca): Saya dapat memahami teks yang ditulis terutama dalam bahasa sehari-hari atau terkait dengan pekerjaan saya. Saya bisa memahami deskripsi kejadian, ekspresi perasaan dan keinginan dalam surat pribadi.
Berbicara (Mengambil bagian dalam percakapan): Saya dapat mengatasi sebagian besar situasi yang dapat dihadapi seseorang saat bepergian di daerah di mana bahasa tersebut digunakan. Saya dapat mengambil bagian tanpa persiapan dalam percakapan tentang topik yang familiar atau yang menjadi minat pribadi atau yang menyangkut kehidupan sehari-hari (mis. Keluarga, waktu luang, pekerjaan, perjalanan dan urusan terkini).
Berbicara (awal lancar Berbicara ): Saya dapat mengartikulasikan ekspresi dengan cara yang sederhana untuk menghubungkan pengalaman dan peristiwa, impian saya, harapan saya atau tujuan saya. Saya dapat secara singkat memberikan alasan dan penjelasan untuk pendapat atau proyek saya. Saya dapat menceritakan sebuah cerita atau plot dari sebuah buku atau film dan mengekspresikan reaksi saya.
Penulisan: Saya dapat menulis teks yang sederhana dan koheren tentang topik yang akrab atau yang menjadi minat pribadi. Saya dapat menulis surat pribadi untuk menggambarkan pengalaman dan kesan dari perjalanan saya.

TINGKAT B2

B2 – Tingkat maju atau Independen
Kata kunci: pemahaman yang lancar dan kemampuan berbicara memberikan pendapat, mendukung argumen secara sistematis.

Memahami (Mendengarkan): Saya dapat memahami ceramah dan ceramah yang cukup panjang dan bahkan mengikuti argumentasi yang kompleks jika subjek tersebut relatif akrab bagi saya. Saya dapat memahami sebagian besar acara TV berita dan berita. Saya bisa mengerti kebanyakan film dalam bahasa standar.
Memahami (Baca): Saya dapat membaca artikel dan laporan tentang isu-isu kontemporer di mana penulis mengambil sikap atau sudut pandang tertentu. Saya bisa memahami teks sastra kontemporer dalam bentuk prosa.
Berbicara (Mengambil bagian dalam percakapan): Saya dapat berkomunikasi dengan spontanitas dan kemudahan yang memungkinkan interaksi normal dengan penutur asli. Saya dapat berpartisipasi aktif dalam percakapan dalam situasi yang akrab, menyajikan dan mempertahankan pendapat saya. Berbicara (Continuous Oral Speaking): Saya dapat mengekspresikan diri saya dengan jelas dan rinci pada berbagai topik yang berkaitan dengan bidang minat saya. Saya dapat mengembangkan sudut pandang tentang topik hangat dan menjelaskan pro dan kontra dari berbagai kemungkinan.
Menulis: Saya dapat menulis teks yang jelas dan mendetail tentang berbagai topik yang terkait dengan minat saya. Saya dapat menulis esai atau laporan yang menyampaikan informasi atau menyatakan alasan untuk atau menentang pendapat tertentu. Saya dapat menulis surat yang menekankan arti yang secara pribadi saya anggap berasal dari peristiwa dan pengalaman.

Semester 1 - 3

01. Semester 1

Nomor
Mata Kuliah
( SEm 1 )
SKS
1
Compréhension Orale 1
4
2
Compréhernsion Ecrite 1
4
3
Production Orale 1
4
4
Production Ecrite 1
4
5
Phonetique Corrective
2
Jumlah SKS
18

02. Semester 2

Nomor
Mata Kuliah
( SEm 2 )
SKS
1
Compréhension Orale 2
4
2
Compréhension Ecrite
4
3
Production Orale 2
4
4
Science de Communication
4
5
Phonetique Corrective
2
Jumlah SKS
18

03. Semester 3

Nomor
Mata Kuliah
( Sem 3 )
SKS
1
Compréhension Orale 3
4
2
Compréhension Ecrite 3
4
3
Production Orale 3
4
4
Production Ecrite 3
4
5
Communication interculturelle I
2
Jumlah SKS
18

Semester 4 - 6

04. Semester 4

Nomor
Mata Kuliah
( Sem 4 )
SKS
1
Compréhension Orale 4
4
2
Compréhension Ecrite 4
4
3
Production Orale 4
4
4
Production Ecrite 4
4
5
Communication interculturelle III
2
Jumlah SKS
18

05. Semester 5

Nomor
Mata Kuliah
( Sem 5 )
SKS
1
Le français des affaires I
4
2
Le français objectif diplomatie
4
3
Exposé en français I
4
4
Civilisation française I
4
5
Geographie I
2
Jumlah SKS
18

06. Semester 6

Nomor
Mata Kuliah
( Sem 6 )
SKS
1
Le français des affaires II
4
2
Le français objectif diplomatie II
4
3
Exposé en français II
4
4
Civilisation française II
4
5
Geographie II
2
Jumlah SKS
18
TOTAL SKS = 108